Berbagai Manfaat Pentingnya Mengambil Hari Libur untuk Kesehatan Tubuh

Mengambil jatah hari libur untuk liburan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Selain untuk menikmati ‘quality time’ bersama keluarga dan orang-orang yang Anda sayangi, aktivitas ini baik untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari yang membosankan.

Tak cukup sampai di situ, ternyata liburan juga dapat mendatangkan berbagai manfaat baik untuk tubuh Anda, lho!

Para pakar dari Icahn School of Medicine, University of California, dan Harvard University menemukan bahwa liburan yang berlangsung selama 6 hari dapat mendatangkan berbagai manfaat baik untuk tubuh.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat liburan bagi kesehatan Anda:

Dapat Membantu Menurunkan Risiko Terjadinya Stres

Seorang profesor di bidang psikiatri dari University of California di San Francisco, Dr. Elissa Epel, mengatakan bahwa manfaat liburan dapat menurunkan proses biologis yang berkaitan dengan stres.

Tidak cukup sampai di situ, beliau juga menambahkan bahwa memanfaatkan hari libur untuk liburan—sekalipun dengan durasi yang pendek—dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Menurunkan Kemungkinan Terserang Penyakit

Liburan mendatangkan kebahagiaan tersendiri karena Anda menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih. Ternyata hal ini merupakan salah satu manfaat dari liburan, lho.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa stres dapat menyebabkan sistem kekebalan yang buruk. Seperti yang sudah diketahui, sistem imun yang buruk bisa membuat seseorang mudah terserang virus.

Seseorang yang pergi berlibur dapat terhindar dari stres. Hal ini tentu membantu menjaga sistem imun tubuh tetap dalam kondisi prima.

Produktivitas Dapat Ditingkatkan

Orang yang tidak melakukan apa-apa selain bekerja, terutama mereka yang memiliki rutinitas sehari-hari yang sangat membosankan, cenderung kelelahan. Biasanya orang-orang ini tidak sabar dan menjadi miskin dalam pengambilan keputusan.

Nah, menjauh selama beberapa hari dari rutinitas akan menyegarkan Anda. Manfaat liburan dapat membuat Anda lebih siap dan mungkin berharap untuk menghadapi tantangan baru.

Hormon Testosteron Meningkat

Jangan salah, meski terkesan sepele, manfaat liburan juga berguna bagi kehidupan seksual Anda. Mengapa bisa? Ternyata orang yang ‘kurang liburan’ lebih rentan terkena stres sehingga memicu libido turun.

Orang yang memiliki sikap “all work and no play” dikatakan memiliki libido yang lebih rendah akibat stres. Orang ini pun akan kehilangan hasrat fisik untuk berhubungan seks.

Jadi, mengurangi tingkat stres dapat meningkatkan libido seseorang dan tentu saja gairah untuk melakukan tindakan.

Menjaga Tingkat Fokus Tetap Stabil

Salah satu manfaat liburan yang sayang untuk Anda lewatkan adalah aktivitas ini dapat membantu Anda fokus.

Liburan memberi Anda waktu untuk menyegarkan dan mengisi ulang sel-sel otak Anda. Itulah sebabnya banyak pekerja atau orang sibuk mendapatkan ide terbaiknya di luar pekerjaan atau ruang kantor.

Menjaga Ikatan Kasih Sayang dengan Orang-Orang yang Disayangi

Aktivitas yang padat dan pekerjaan yang menumpuk menghambat waktu berkualitas Anda dengan keluarga dan orang-orang yang disayangi. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Nah, manfaat liburan dapat mempererat kembali ikatan Anda dan keluarga serta orang terkasih. Oleh karena itu, jangan lupa sediakan waktu untuk mengajak mereka berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *